Selasa, 21 Mei 2013

RPP Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.


Description: Description: logo unnes putih.jpg 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Dosen Pengampu : Drs. H.Y. Poniyo


Oleh
1.                        Fariz Budiarto             1401410010
2.                        Evi Nurhidayati          1401410011
3.                        Puji Tri Nafati             1401410021
4.                        Umul Fatonah             1401410070
5.                        Amalia Mei Rosiana    1401410095
6.                        Median Kusumahati    1401410113
KELOMPOK 6 / Rombel 6A




JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIT PELAKSANA PROGRAM TEGAL
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah                 :     SD Negeri
Mata Pelajaran    :     Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     :     VI  (Enam) / 1 (satu)
Alokasi Waktu     :     2 X 35 menit  (1 X Pertemuan)

A.    Standar Kompetensi  
1.         Mendengarkan :
Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.
B.     Kompetensi Dasar   
1.2       Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema, atau amanat dari cerita anak yang dibaca.
C.    Indikator
1.         Mampu menyebutkan unsur-unsur cerita (tema, tokoh, watak, latar, dan amanat).
2.         Mampu mengidentifikasi unsur-unsur cerita (tema, tokoh, watak, latar, dan amanat).
D.    Tujuan Pembelajaran    
1.         Melalui penjelasan dari guru tentang cerita anak, siswa dapat menyebutkan unsur-unsur cerita (tema, tokoh, watak, latar, dan amanat).
2.         Melalui penjelasan dari guru tentang cerita anak, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur cerita anak (tema, tokoh, watak, latar, dan amanat).
3.         Melalui penjelasan dari guru tentang cerita anak, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengar.
Karakter yang diharapkan : Disiplin (Discipline), Berani ( courage ), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence) , Tanggung jawab (responsibility), Ketelitian (carefulness), dan Dapat Dipercaya (Trustworthines).

E.     Materi Ajar
Cerita Anak (terlampir).
F.     Model, Metode, dan Media Pembelajaran       
Model pembelajaran      :    langsung (direct instruction)
Metode pembelajaran    :    ceramah, dsikusi, tanya jawab, latihan dan penugasan.
Media Pembelajaran      :    Gambar Wayang
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
(menit)
Metode
1.
Pendahuluan :
a.       Mengkondisikan semua siswa untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing.
b.      Melakukan presensi di awal pembelajaran terhadap peserta didik.
c.       Menyiapkan alat-alat pelajaran.
d.    Memberikan apersepsi, dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang menggiring siswa pada materi yang akan dibahas.
1)   Anak-anak, apakah kalian pernah mendengarkan sebuah cerita?
10

Ceramah









Tanya jawab
2.
Kegiatan Inti :
a.    Eksplorasi
1)      Guru menjelaskan materi tentang unsur-unsur cerita, dengan menggunakan media.
b.   Elaborasi
1)      Guru membagi kelas kedalam  8 kelompok, untuk melakukan diskusi tentang identifikasi unsur cerita.
2)      Guru membacakan sebuah cerita anak dengan menggunakan media gambar wayang.
3)      Guru meminta siswa dalam kelompok mengidentifikasi unsur-unsur cerita. Masing – masing  kelompok mengidentifikasi unsur yang berbeda.
4)      Guru meminta perwakilan dari masing–masing kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi kelompok.
5)      Guru membimbing siswa untuk menulis hasil diskusi di buku masing-masing.
c.    Konfirmasi
1)        Guru memotivasi siswa perwakilan kelompok yang berhasil mengemukakan hasil diskusi.
2)        Guru menanyakan pada siswa tentang hal-hal yang belum dipahami.
45


Ceramah



Diskusi









Tanya jawab





Ceramah


Tanya jawab
3.
Penutup :
a.    Guru bersama–sama dengan siswa membuat rangkuman/simpulan  pelajaran sesuai hasil klarifikasi.
b.    Guru melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan, dengan cara memberikan soal.
c.    Guru memberikan tugas.
d.   Guru menutup kegiatan pembelajaran.
15

Ceramah


Latihan


Pemberian tugas





H.    Sumber Belajar  
1.      SILABUS KTSP
2.      Buku Bina Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas VI Semester 1, Halaman 32 (Tim Bina Karya Guru) Erlangga , tahun 2007.
3.      BSE Bahasa Indonesia untuk SD dan MI Kelas VI, Halaman 14 (Dian Sukmawati,dkk) Pusat Perbukuan Depdiknas, tahun 2009.
I.       Penilaian
4.      Prosedur
Postest        :    tertulis
5.      Jenis penilaian
a.    Penilaian proses
Dilaksanakan pada waktu KBM pada setiap siswa seperti pengamatan dalam proses pembelajaran, meliputi keaktifan, kesungguhan, dan kecermatan dalam pembelajaran.
b.    Penilaian hasil
-       Tes formatif      
-       Lembar Hasil Diskusi   
6.      Alat penilaian :
Soal isian (terlampir)
7.      Kunci jawaban (terlampir)
8.      Skor penilaian (terlampir)

                                                                                     Tegal, 26 Maret   2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                          Guru Kelas


…………………………….                                      …………………………
NIP.                                                                           NIP.




Lampiran
Naskah Cerita
 
 



















































Materi Pembelajaran
Unsur-unsur cerita anak
Cerita anak mempunyai 2 unsur, yaitu :
a.    Unsur intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun karya itu sendiri. Unsur–unsur intrinsik cerita anak mencakup:
·       Tema adalah ide pokok sebuah cerita, yang diyakini dan dijadikan sumber cerita.
·       Latar(setting) adalah tempat, waktu , suasana yang terdapat dalam cerita. Sebuah cerita harus jelas dimana berlangsungnya, kapan terjadi dan suasana serta keadaan ketika cerita berlangsung.
·       Alur (plot) adalah susunan peristiwa atau kejadian yang membentuk sebuah cerita.
Alur dibagi menjadi 3 yaitu:
1)        Alur maju adalah rangkaian peristiwa yang urutannya sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak ke depan terus.
2)        Alur mundur adalah rangkaian peristiwa yang susunannya tidak sesuai dengan urutan waktu kejadian atau cerita yang bergerak mundur (flashback).
3)        Alur campuran adalah campuran antara alur maju dan alur mundur.
Alur meliputi beberapa tahap:
1)        Pengantar: bagian cerita berupa lukisan , waktu, tempat atau kejadian yang merupakan awal cerita.
2)        Penampilan masalah: bagian yang menceritakan maslah yang dihadapi pelaku cerita.
3)        Puncak ketegangan / klimaks : masalah dalam cerita sudah sangat gawat, konflik telah memuncak.
4)        Ketegangan menurun / antiklimaks : masalah telah berangsur–angsur dapat diatasi dan kekhawatiran mulai hilang.
5)        Penyelesaian / resolusi : masalah telah dapat diatasi atau diselesaikan.
·       Perwatakan
Menggambarkan watak atau karakter seseorang tokoh yang dapat dilihat dari tiga segi yaitu melalui:
1)        Dialog tokoh
2)        Penjelasan tokoh
3)        Penggambaran fisik tokoh
·       Nilai (amanat) adalah pesan atau nasihat yang ingin disampaikan pengarang melalui cerita.
b.    Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi:
·       Nilai-nilai dalam cerita (agama, budaya, politik, ekonomi)
·       Latar belakang kehidupan pengarang
·       Situasi sosial ketika cerita itu diciptakan












LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
Flowchart: Alternate Process: Nama Kelompok :
1.	. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.	. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.	. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.	. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
 









Dengarkanlah dengan seksama cerita yang disampaikan oleh gurumu!
Catatlah hal-hal penting yang ada didalam cerita tersebut!
Ø  Pertanyaan 1 :
Siapa saja tokoh yang ada didalam cerita?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Ø  Pertanyaan 2 :
Tuliskan watak dari setiap tokoh tersebut!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Ø  Pertanyaan 3 :
Tuliskan latar yang ada didalam cerita “Semut dan Kepompong”! (latar waktu dan tempat)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Ø  Pertanyaan 4 :
Apa tema yang ada didalam cerita tersebut?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Ø  Pertanyaan 6 :
Tuliskan amanat yang terkandung dari cerita “Semut dan Kepompong”!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
Ø  Pertanyaan 7:
Tuliskan kembali isi cerita “Semut dan Kepompong” dengan bahasamu sendiri!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
 

Dengarkanlah dengan seksama cerita yang disampaikan oleh gurumu!
Catatlah hal-hal penting yang ada didalam cerita tersebut!
1.    Siapa saja tokoh yang ada didalam cerita?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.    Tuliskan watak dari setiap tokoh tersebut!
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
3.    Tuliskan latar yang ada didalam cerita “Deo Si Burung Sombong”!
(latar waktu dan tempat)
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
4.    Apa tema yang ada didalam cerita tersebut?
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
5.    Tuliskan amanat yang terkandung dari cerita “Deo Si Burung Sombong”!
Flowchart: Alternate Process: S = . . .
B = . . .

NILAI = . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .






Kunci Jawaban
1.      Deo dan teman-temannya.
2.      Deo = sombong, suka memamerkan diri.
Teman-teman Deo = suka menolong, baik hati.
3.      Pada suatu hari, dihutan yang luas.
4.      Tolong menolong.
5.      Kita tidak boleh sombong, harus mau bergaul dan peduli dengan sesama karena sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu memerlukan bantuan orang lain.

Skor Penilaian

NA  X 100






LEMBAR PENGAMATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
No
Nama Siswa
PROSES
HASIL
Keaktifan
Kesungguhan
Kecermatan
Jumlah
Nilai
Keterangan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

Tuntas
Remidi
1

















2

















3

















4

















5

















6

















7

















8

















9

















10

















11

















12

















13

















14

















15

















16

















17

















18

















19

















20

















21

















22

















23

















24

















25

















26

















27

















28

















29

















30





























 



0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar